Kamis, 10 Maret 2011

IT forensik ancaman terhadap komputer

Nama : Rema Aditya

NPM : 11107385

Kelas : 4KA08

IT FORENSIK

KERUSAKAN TERHADAP KOMPUTER

IT Forensik

Dengan semakin berkembanganya dunia IT semakin banyak pula oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab menyalahgunakan IT untuk kepentingan diri sendiri dan merugikan banyak pihak.

IT forensic Bertujuan untuk mendapatkan fakta-fakta obyektif dari sebuah insiden / pelanggaran keamanan sistem informasi. Fakta-fakta tersebut setelah diverifikasi akan menjadi bukti-bukti (evidence) yang akan digunakan dalam proses hukum.

IT Forensik:

  • Ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan (misalnya metode sebab-akibat).
  • Memerlukan keahlian dibidang IT ( termasuk diantaranya hacking) dan alat bantu (tools) baik hardware maupun software.

JENIS – JENIS ANCAMAN TERHADAP IT

Membajak situs web.

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh cracker adalah mengubah halaman web, yang dikenal dengan istilah deface. Pembajakan dapat dilakukan dengan mengeksploitasi lubang keamanan.

Virus.

Seperti halnya di tempat lain, virus komputer pun menyebar di Indonesia. Penyebaran umumnya dilakukan dengan menggunakan email. Seringkali orang yang sistem emailnya terkena virus tidak sadar akan hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ke tempat lain melalui emailnya. Kasus virus ini sudah cukup banyak seperti virus Mellisa, I love you, dan SirCam. Untuk orang yang terkena virus, kemungkinan tidak banyak yang dapat kita lakukan.

Pencurian nomor kartu kredit.

Penyalahgunaan kartu kredit milik orang lain memang tidak rumit dan bisa dilakukan secara fisik atau on-line. Nama dan kartu kredit orang lain yang diperoleh di berbagai tempat (restaurant, hotel, atau segala tempat yang melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit) dimasukkan di aplikasi pembelian barang di internet.

MENGENAL ANCAMAN TERHADAP KOMPUTER

Ketika kita sedang berselancar internet di rumah atau di kantor, komputer bisa saja terkena berbagai jenis ancaman yang dapat menyebabkan komputer berfungsi tidak benar. Tidak seperti infrastruktur jaringan skala besar di perusahaan yang memiliki manajemen keamanan baik, komputer di rumah mungkin akan rentan terhadap ancaman saat berinternet.

Definisi Ancaman Terprogram.

Komputer dirancang untuk mengeksekusi instruksi satu demi satu. Instruksi ini biasanya melakukan sesuatu yang berguna, menjaga database, dan berkomunikasi dengan pengguna dan dengan sistem lain. Kadang-kadang, instruksi yang dieksekusi ini dapat juga melakukan kesalahan atau kerusakan. Ketika kerusakan terjadi secara kebetulan pada suatu sistem, kita menyebutnya dengan bug (software bug). Bug mungkin adalah yang paling umum yang menyebabkan program tidak berpilaku dengan benar.

Virus Komputer.

Virus adalah program komputer yang dapat menduplikasikan dirinya dan menginfeksi komputer tanpa permisi atau tanpa sepengetahuan pengguna. Istilah “Virus” juga biasanya digunakan untuk menggambarkan beberapa type virus lainnya seperti malware, adware dan spyware yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan duplikasi layaknya sebuah virus.

Virus dapat dengan cepat menyebar dari komputer yang satu ke komputer lainnya ketika virus tersebut di tempatkan dalam komputer korban, hal itu dapat terjadi karena secara tidak langsung pengguna mengirimkan program virus tersebut melalui jaringan atau internet, atau melalui beberapa perangkat komputer lainnya seperti floppy disk, CD, DVD atau USB.
Tipe-tipe malware a.l:

-Trojan


-Worms


-Virus


-Malicious Active Content


-Rogue Programs


-Dialers


-Trackware

Penjelasan.

*Trojan*
yaitu program 'yg tampaknya' berguna dan gak berbahaya tapi di desain buat mengeksploitasi sistem dan merusak bagian program yg dijangkitinya. Trojan gak bisa me-replika dirinya sendiri.

*Worms*
yaitu program yg bisa bereproduksi ulang dan dapat menyebar ke seluruh sistem jaringan secara otomatis.

*Virus*
yaitu program yg bisa mereplika dirinya sendiri, menulari program-program lain dan menjadikan file-file program yg tertular sebagai infector dan merusak software, hardware, bahkan data yg lagi prosessing.

*Malicious Active Content*
yaitu sebuah tipe malware yg menunggangi script dinamik (Javascript, Java, Active X, atau Visual Basic) dan membawa kode-kode pengganggu program yg menginfeksi komputer melalui jalur download. Dipakai buat nyebarluasin virus, worms, junk-email, ngrekam informasi dari komputer, atau mengalihkan kalian dari situs asli ke situs phising.

*Rogue Programs*
yaitu program yg gak punya legal notice atau keabsahan lain yg biasa tertanam dalam suatu instalasi software/hardware, sebuah program yg gak jelas dan biasanya terdekteksi oleh anti-spyware protection.

*Dialers*
yaitu program instalasi modem dial-up internet connection. Sebagian internet provider (blacklists) memakai program ini buat ndongkrak sistem tagihan koneksi internet kalian. Beruntunglah bagi kalian yg udah pakai jalur internet broadband (seperti DSL atau LAN) karena biasanya komputer yg pakai koneksi internet kayak ini gak membenamkan modem ke dalam sistem operasi komputer.

*Trackware*
yaitu varian malware terbaru, seperti sebutannya, program ini dapat merekam data-data dan informasi rahasia yg kalian lakukan dengan content provider asli (situs) dan mengalihkannya ke situs phising. Varian ini bisa menggabungkan adware, spyware, key loggers, dan sekaligus merekam cookies.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar